Langsung ke konten utama

Hodie Mihi, Cras Tibi*

Gadis itu merapatkan cardigannya. Beberapa helai daun sukses digugurkan angin sore itu. Dingin. Semerbak aroma petrichor menyeruak di hidungnya. Gadis itu menerawang ke atas. Awan putih menggantung. Seharusnya hujan masih lama. Ini Juli, tidak akan hujan, ramalnya. Tapi aroma petrichor yang dibawa angin menyeruak di hidungnya. Dia melihat jam yang melingkar di tangannya. Sudah hampir setengah jam, angkot yang ditunggunya belum juga datang.

“Ketemu lagi. Hari ini akan hujan,” seseorang bergumam di sebelahnya. Ia menoleh. Laki-laki yang sama. Semingggu ini dia selalu bertemu dengan lelaki ini. Di tempat ia biasa menunggu angkot.

“Besok hujan. Jangan lupa bawa payung, sebaiknya kamu ganti cardiganmu dengan jaket yang sedikit tebal. Besok hujan tidak akan seringan ini,” lanjutnya.

Gadis itu tidak menyahut. Pandangannya lurus ke depan. Meskipun ia tidak bisa untuk tidak melihat pria itu dari sudut matanya.

“Aku Ardhi, kenalkan,” ucap pria itu. Tangannya menggantung tanpa sambutan. Gadis itu hanya memandang sekilas, lalu menghentikan angkot yang lewat. Pria itu memandang tangannya hampa, menggantung tanpa balasan. Lalu ia mengikuti gadis itu untuk naik ke angkot.

Tepat saat pria itu naik angkot, hujan turun. Pria itu tersenyum. Sementara sang gadis berpura-pura tak peduli. Dan seperti kemarin dan hari-hari yang lalu, mereka kembali bertemu di dalam angkot ini di bawah guyuran hujan.

***

“Sudah kubilang hari ini hujan. Kamu masih tetap enggak percaya, kubilang kan jangan memakai cardigan. Hujan akan lebat hari ini,” kata lelaki itu.

Tetes air hujan mulai merapat. Gadis itu panik. Dia merapat di bawah pohon berharap hujan batal turun. Tidak ada tempat berteduh selain pohon ini. Wajahnya merengut kesal, merutuki diri menyesal tidak menuruti ucapan lelaki ini.

Saat panik karena hujan semakin lebat, ia kaget karena tubuhnya tidak basah. Saat ia melihat ke atas ternyata tubuhnya sudah terlindungi payung yang dibawa lelaki itu. Lelaki itu tersenyum. “Enggak perlu menolak. Aku enggak akan ngapa-ngapain kamu kok. Aku juga akan diam dan enggak akan ngajak kamu ngobrol,”

Gadis itu menurut. Tangannya mengapit tasnya. Sepatunya basah karena terkena air. Hujan sangat lebat, seperti yang dikatakan lelaki itu kemarin. Dan seperti yang dijanjikannya lelaki itu hanya diam saja, sama sekali tidak mengajak gadis itu bicara. Hingga angkot yang ditunggu pun tiba. Ia menggerling meminta gadis itu naik duluan, lalu diikutinya. Badannya setengah basah.

Lelaki itu melipat payungnya yang basah. Gadis itu meliriknya. Tangannya meraih sesuatu di dalam tasnya. Ia menarik beberapa lembar tisu, lalu menyerahkan kepada lelaki itu.

“Ini,” katanya, seraya menyodorkan tisu.
“Terima kasih.”

***

Gadis itu merapatkan jaketnya. Hari ini ia memakai jaket tebal dan membawa payung. Meskipun ia tidak yakin hari ini akan hujan. Ia melihat sekitar, bukan mencari angkot. Lelaki itu tidak ada. Meskipun terkadang menyebalkan, ternyata gadis itu menunggu kehadiran lelaki itu.

Sampai angkot yang ia tunggu datang, lelaki itu belum juga ia temui. Ia melihat ke arah langit. Meskipun mendung ternyata hari ini tidak hujan. Dia melihat ke arah tas kain yang di dalamnya ada payung berwarna kuning. Ia menarik napas panjang. Tiba-tiba ia merasa sepi.

***

Ia pulang agak terlambat sore ini. Tadi sebelum pulang Bosnya menahannya untuk mengerjakan beberapa laporan. Ia berjalan dengan kusut. Ia berjalan ke arah tempat ia biasa menunggu angkot. Ia melihat sekitar sepi, mungkin lelaki itu sudah pulang. Pikirnya.

“Angkotnya baru saja lewat,” ucap seseorang. Gadis itu menoleh. Ia berusaha menyembunyikan senyumnya. “Aku sengaja gak pulang dulu, karena aku tahu kamu bakal mencariku.”

Gadis itu pura-pura tak mendengar.

“Pakaian yang tepat. Hari ini akan hujan, tapi dengan intensitas ringan. Lumayan membuat basah, tapi akan menjadi suasana pendukung yang menyenangkan untuk teman mengobrol,” lanjutnya.
Lagi gadis itu tak menyahut.

“Kamu bawa payung kan? Hitungan ketiga..hujan akan turun,”

“Satu,” lelaki itu mengambil payung dalam tasnya.

“Dua...,” Ia membuka payungnya.

“Tiga..”

Bress. Hujan benar-benar turun. Sang gadis bingung, segera mengambil payung dalam tas kainnya.

“Sudah kubilangkan, hitungan ketiga akan turun hujan,”

Mereka saling diam. Sunyi, hanya suara rintik hujan dan kendaraan yang lewat di depan mereka. Angkot yang mereka tunggu belum juga terlihat.

Hingga sepuluh menit mereka saling diam.

“Eh, itu angkotnya datang,”

Laki-laki itu melambaikan tangan memberi isyarat agar angkot berhenti.

“Tunggu...”

Lelaki itu menoleh setengah tidak percaya.

“Aku Rinai. Besok hujan enggak?” ucap gadis itu.

Lelaki itu tidak segera menjawab, ia tersenyum. “Besok hanya mendung, gunakan cardigan warna tosca favoritemu,” jawabnya sambil tersenyum.

Malang, 20 Oktober 2016.

* Judul diambil dari Novel Antologi Rasa, karya Ika Natassa yang berarti Today for me, tomorrow for you.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berlibur ke Malang Selama 24 Jam? Berikut Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi

Kota Malang memang penuh daya tarik maka tidak heran jika setiap hari selalu saja wisatawan yang datang untuk berkunjung ke kota ini. Malang memang berbeda, meskipun di beberapa tempat mulai macet tidak mengurungkan niat pecintanya untuk berkunjung. Jika kamu berniat berkunjung ke kota Malang hanya sehari, itenary ini bisa menjadi pertimbangan buatmu. Yuk, mari! 06.00 – 07.30, Jalan Kawi Mengisi perut dengan sajian khas kota Malang bisa menjadi alternatif buat kamu. Salah satu yang khas dari kota Malang adalah Pecel Kawi, yang berada di Jalan Kawi. Jika kamu tidak seberapa suka Pecel, di sepanjang jalan Kawi banyak kuliner lainnya. Lokasinya pun masih satu tempat dengan Pecel Kawi, ada Nasi Buk Madura, Widuri yang menyediakan masakan campur, dan Nasi Krawu. 08.00-10.00, Alun-Alun Puas dengan sarapan khas kota Malang. Kamu bisa mencari angkot LG menuju arah pusat kota. Ada Alun-alun, dan Tugu 0 kilometer di bawah jembatan penyebrangan. Tidak perlu khawatir, di alun-alun

Hari Bersama Sheila On 7, Pengalaman Pertama Nonton Konser

Tanggal 22 September 2016 adalah hari bersejarah buat saya. Bukan, saya tidak mendapat promosi jabatan atau Partner akhirnya melamar saya. Tapi pada tanggal tersebut saya berkesempatan untuk nonton konser. Yeay! Umur yang hampir menginjak angka 30, baru kali ini saya menonton konser. Hahaha. Norak? Iya, biarin. Yeay..foto dulu sebelum nonton konser | c: @perihujan_ Berawal dari rasa kecewa karena batal ke Jakarta, akhirnya saya menerima ajakan teman untuk nonton konser Sheila On 7 di Graha Cakrawala UM pada tanggal 22 September kemarin. Saya datang ke konser tanpa ekspektasi apa pun. Hanya saja sepanjang hari, di kantor saya memutar lagu-lagu Sheila On 7 sekedar mengingat lagu-lagu mereka kembali. Yeah, saya memang agak buruk soal musik. Selain suara sumbang saya, enggak ada yang dapat saya banggakan dari pengetahuan musik saya. Jika menurut jadwal acara, Sheila On 7 seharusnya mulai naik panggung pukul 9 malam. Tapi nyatanya hingga hampir pukul 10 malam, Duta dan g

Menjadi Beauty Vlogger Dadakan

Bekerja di media membuat saya belajar banyak hal, termasuk menjadi artis dadakan untuk mengisi konten video. Sudah 2 kali wajah saya muncul di chanel youtube vemale. Pertama video DIY membuat amplop lebaran dan kedua adalah video campaign #MyBodyMyPride . Di kedua video itu tidak ada satu pun yang mewajibkan saya bicara, saya cukup senyum-senyum depan kamera, dan semuanya beres. Tapi berbeda dengan konten video kali ini, selain bergaya dan senyum-senyum manis, saya juga harus bicara. Ok, karena kali ini saya harus mereview lipstik. OK LIPSTIK. Jeder!  Sebenarnya tidak masalah saya harus sok manis di depan kamera. Tapi ini saya harus memakai lipstik dan mereviewnya? Oh. Ok, saya memang cewek tapi kalau urusan makeup angkat tangan. Pakai bedak pun sudah syukur. Meskipun sekarang  sudah mau pakai skincare meskipun sekadar pembersih wajah dan pelembap. Anggap saja itu satu kemajuan. Dan sekarang saya harus mereview lipstik,dan bergaya di depan kamera. Cuap-cuap istilah lipstik, duh ra