Selasa, 10 Januari 2012

EDAMAME, yang hijau gurih menyehatkan.


Penampakan Edamame beku
Setiap kali ke Jember saya selalu menyempatkan mampir ke pusat oleh-oleh ‘SUMBER MADU’ . Bukan untuk mencari tape atau segala jenis yang berhubungan dengannya. Tapi saya lebih mencari si kedelai jepang Edamame. Ya semenjak saya mengetahui betapa lezatnya kedelai ini saya jadi semacam kecanduan.
Edamame sendiri untuk di Jawa Timur hanya ada di Jember, yang merupakan satu-satunya produsennya yaitu PT. Mitratani. Sekilas dalam pengemasannya membuat saya berpikir kalau cemilan tersebut adalah cemilan yang di impor dari jepang, ternyata saya salah Edamame adalah produk lokal dan produk unggulan ekspor ke Jepang #nahLoh.
Edamame yang tersedia di SUMBER MADU sendiri terdiri dari 3 varian ; sangrai, froozen, dan yang masih mentah. Kalau ingin tahan lama lebih baik memilih yang sangrai. Untuk yang froozen ada dua rasa original dan salted. Dan menurut saya semuanya ENAK.
Si Kedelai hijau atau Edamame ini  bukanlah jenis tanaman kacang-kacangan, melainkan masuk ke dalam kategori sayuran ( green soibin vegetable ) . Di Jepang, negara asal kedelai ini, edamame termasuk tanaman tropis dan dijadikan sebagai sayuran serta camilan kesehatan. Dan hal ini membuat saya tersadar kenapa perut saya tidak berontak ketika memakan cemilan ini mengingat saca alergi dengan kacang-kacangan ( peanutintoleran  ) faktanya adalah karena Edamame merupakan jenis sayuran bukan kacang-kacangan.
Selain rasa yang enak, ternyata Edamame juga mengandung  berbagai zat berkhasiat untuk kesehatan. Edamame merupakan satu-satunya sayuran yang mengandung semua dari 9 jenis asam amino esensial yang dapat menstabilkan kadar gula darah, meningkatkan metabolisme dan kadar energi dan membantu membangun otot dan sel-sel sistem imun.  Selain itu, kedelai hiijau ini  juga mengandung isoflavon, beta karoten dan serat.
Waah, jadi ingin ke Jember. Mau ngeborong Edamame, ayo-ayo sapa yang ke Jember..nitip ya =p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar